Barusan ane istirahat makan di kantor ane,kebetulan kantor ane di daerah yang lumayan ‘minus’ sih gan..
kalo agan-agan yang ada di Jakarta mungkin tau daerah
Stasiun Kota kaya gimana.
Banyak pengemis, gelandangan dan orang- orang yang tingkat kehidupannya (maaf) dibawah kesejahteraan.
Sebelum nyari makan, ane beli rokok dulu gan biar tar abis makan ga bingung nyari rokok..
Ane nyalain satu batang..
Sambil ngerokok ane jalan buat nyari tempat yang enak buat duduk dan makan.
sampe akhirnya ane nemu sebuah tempat yang menurut ane enak dan teduh,ane celingukan soalnya semua tempat duduk udah dipake orang-orang.
Di sela-sela celingukan ane, seorang bapak tua bilang ke ane:
“Silakan pak, disini aja duduk sama saya” katanya..
ane iyain aja gan, meskipun rada panas tapi yang ada cuman disitu doang..
Ane perhatiin bapak itu gan, orangnya uda tua banget, kurus, giginya udah ompong, rambutnya udah putih semua, bawa-bawa tas besar ama kresek isinya plastik-
plastik gitu..
Ane ga sempat foto gan, gak enak juga kalo ane moto2, tar dikira apaan..
Dimulailah obrolan ane ama bapak itu gan.

Ane : A
Bapak: B

A: lagi nunggu apa pak?
B: nggak mas, ini cuma duduk-duduk aja abis cari sampah seharian.. capek..
A: Jalan dari jam brapa pak?
B: dari pagi mas, uda lumayan banyak dapetnya ini..
A: oohhh…
Obrolan sempat brenti bentar gan, ane nikmatin rokok, bapaknya ngerapiin plastik2nya gitu..
Sampe pada akhirnya ane liat si Bapak pijet2in kepalanya gitu sambil hela napas
panjang..
A: pusing ya pak? siang2 panas gini emang bikin pusing..
B: (ketawa kecil) iya mas.. agak pusing kepala saya..
A: bapak ngerokok? ini kalau bapak mau.. (sambil ane sodorin rokok ane yang tinggal sebatang)
B: nggak mas makasih, saya nggak
ngerokok.. sayang uangnya,mending buat makan daripada beli rokok.. lagian ga bagus juga buat badan.
Dalem hati, gw rada tertohok juga gan..
A: iya juga sih pak.. (nginjek rokok ane)
Abis itu gw denger suara perut gan..
*kruuuuukk* gitu..
gw spontan noleh ke arah si bapak.
A: Bapak belum makan pak?
B: (senyum) belum mas, nanti mungkin..
A: wah, ntar tambah pusing pak?
B: iya mas, saya udah biasa kok..
gak lama, kedengeran lagi bunyi perutnya gan..
A: Bapak beneran ga mau makan pak?
B: iya mas,nanti aja…
gw uda ngerasa kalo bapak ini bukannya gak mau makan,tapi beliau ga punya uang buat makan..
A: bentar ya pak, saya ke warung dulu pesen makan..
B: oh.. iya mas, silakan..
ane nyamperin tukang nasi padang terdekat, ane pesen buat ane sendiri ama ane inisiatif
beliin nasi ma ayam buat si bapak. Selesai pesen, ane bawa tuh nasi dua piring ke tempat duduk tadi, trus duduk..
Ane mau langsung ngasih tapi kok ane takut kalo bapaknya salah tangkep ato tersinggung gan, jadi ane akting dikit..
Ane pura-pura dapet telpon dari temen ane
A: (pura2 telpon) yaaah? ga jadi kesini? udah gw beliin nih…
Ooohh…gitu… ya udah deh
gak papa..
*belaga tutup telpon*
A: wah payah nih temen saya, udah dibelikan makanan ternyata gak jadi..
B: (senyum) ya ga papa mas,dibungkus aja nanti bisa dimakan sore..
A: wah, keburu basi pak kalo nanti sore.. dimakan sekarang pasti ga abis.. gimana ya?
mmmm… Bapak kan belum makan siang, ini makanan daripada sayang ga ada yang makan gimana kalo bapak aja yang makan pak? nemenin saya makan sekalian pak..
B: waduh mas, saya ga punya uang buat bayarnya..
tepat dugaan ane dalem hati..
A: gak papa pak, makan aja.. saya bayarin dah! saya lagi ulang tahun hari ini..(bo’ong)
B: wah.. beneran ga papa mas? saya malu..
A: lho? ngapain malu pak? udah bapak makan aja..
B: iya mas, selamat ulang tahun ya mas..
A: iya pak.. bapak mau mesen minum sekalian nggak? saya mau pesen..
B: nggak mas.. nggak usah..
Ane manggil tukang minuman, ane mesen 2 es teh manis..
B: lho mas? saya nggak pesen..
A: iya pak, saya beli dua.. haus banget soalnya..(ane bo’ong lagi gan)
Tanpa gw duga gan, si bapak netes
aermatanya.. beliau ngucap syukur berkali-kali.. beliau ngomong ke ane..
B: mas, saya makasih sudah dibelikan makanan.. saya belum makan dari kemarin
sebetulnya. cuma saya malu mas, saya inginnya beli makan sama uang sendiri karena saya bukan pengemis..
saya sebetulnya lapar sekali mas, tapi saya belum dapet uang hasil nyari sampah..
Ane tertegun denger omongan beliau gan, gak sadar ane ikut ngerasa perih banget dalem hati.. nyesek banget dalem ati ane, ane secara ga sadar hampir netesin aermata.. tapi ane berlagak cool..
A: ya udah, bapak makan aja nasinya.. nanti kalau kurang saya pesankan lagi ya pak?
jangan malu-malu..
B: (masih nangis) iya mas.. makasih banyak ya mas..
nanti yang diatas yang bales..
A: iya pak makasih doanya..
Akhirnya ane makan berdua ama
beliau, sambil cerita-cerita..
dari cerita beliau ane tau kalo beliau punya dua anak, yang satu udah meninggal karena
kecelakaan. yang satunya udah pergi dari rumah gak pulang-pulang udah 3 tahun. istri
beliau sudah meninggal kena kanker tahun lalu, dan parahnya lagi rumahnya diambil ama
orang kredit gara-gara ga bisa ngelunasin uang pinjaman buat ngobatin istrinya..
Miris banget ane dengerin cerita beliau gan,
sebatang kara, ga punya rumah, anaknya durhaka, jarang makan.. malah beliau crita pernah dipalak preman waktu mulung di
jakarta..
Rasanya ane beruntung banget ama kondisi ane sekarang, ane nyesel pernah ngeluh
tentang kerjaan ane, tentang kondisi kosan ane, dsb.. sedangkan bapak ini dengan
kondisi yang serba kekurangan masih selalu tersenyum..
rasanya sepiring nasi padang dan segelas es teh yang ane kasi gak setimpal banget ama pelajaran yang ane dapet..
tadi ane belum ambil uang, jadi ane cuma ngasi seadanya kembalian dari warung
padang ke bapak itu, itupun pake eyel2an dulu ma bapaknya soalnya beliau ga mau dikasih uang. tapi akhirnya dengan sedikit maksa ane kasih uang ke beliau. ane didoain
banyak banget ama bapak tadi..
Dan ada satu hal yang bikin ane tercengang waktu mau ninggalin tempat tadi..
sambil jalan ane noleh ke belakang, si bapak
udah ga ada.. ane cariin bentar,ternyata si bapak ada di depan kotak amal masjid masukin duit ke dalem kotakan itu!
gw makin tersentuh ma beliau.. di tengah-tengah kesulitan yang beliau alami, beliau masih sempet amal! berbagi dengan orang
lain..
Ane mewek gan.. ane ngerasa kecil banget sebagai manusia.. ane ngerasa ditunjukin sesuatu yang bener-bener hebat!
Ane berdoa semoga bapak itu dilancarkan segala urusannya, diberi kemudahan dan
rejeki berlimpah, dan selalu berada dalam lindungan Tuhan ^_^
Sumber:
Milis IBF

Posted from WordPress for Android

Advertisements